Mobile Android App Inventor : Meningkatkan Kemmapuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)

  • Ibnu Atho’illah
  • Kartono Kartono
  • Masrukan Masrukan
Keywords: App Inventor, Problem Based Learning, Memecahkan Permasalahan Matematis, Pembelajaran Daring

Abstract

Penyebab rendahnya pemecahan masalah matematits siswa diantaranya adalah materi matematika
yang masih abstrak penyampaian yang dilakukan guru tidak menekankan pembelajaran yang
dipusatkan pada siswa. Guru tidak memanfaatkan teknologi yang sebenarnya sudah berdampingan
dengan manusia sehari-harinya. App Inventor hadir sebagai alternatif teknologi yang mudah untuk
dibuat dan digunakan, dan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis pemberian masalah
(Problem Based Learning) akan mempermudah siswa dalam memecahkan permasalahan matematis.
Sedangkan PBL memiliki langkah-langkah: orientasi, pengorganisasian, melaksanakan tugas,
menganalisis, serta mengevaluasi pemecahan masalah yang sudah dilaksanakan. Pada akhirnya siswa
mampu memanfaatkan apikasi yang sudah dibuat dengan pendekatan masalah keseharian agar dapat
memecahkan persoalan matematik meskipun menggunakan pembelajaran daring dengan
mengabaikan pengelompokan siswa.

Published
2021-02-18