Peran Orangtua Dalam Pendampingan Pembelajaran Online Terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak

  • Sasmita Sari
  • Woro Sumarni
Keywords: Orangtua, Pembelajaran online, Sosial-Emosional

Abstract

Latar belakang isu terkait pandemi Covid-19 membuat pemerintah memberikan metode pendidikan
alternatif bagi siswa yang belajar online di rumah. Karena guru tidak dapat mengawasi kegiatan
pembelajaran, peran ini digantikan oleh orang tua. Peran yang perlu dimainkan oleh orang tua adalah
memberikan bantuan belajar online kepada anak-anak serta perkembangan sosial dan emosional yang
terjadi pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam bantuan
pembelajaran online untuk perkembangan sosial dan emosional anak. Jenis penelitian ini adalah
penelitian kualitatif dan deskriptif. Objek penelitian ini adalah orang tua dan siswa. Tujuan dari
penelitian ini adalah peran orang tua dalam bantuan pembelajaran online untuk perkembangan sosial
dan emosional anak. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis
data menggunakan reduksi data, tampilan data, grafik kesimpulan / verifikasi, dan analisis data yang
digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran orang
tua dalam bantuan pembelajaran online untuk perkembangan sosial dan emosional anak adalah bahwa
anak belajar mengembangkan kesadaran diri, belajar mengambil keputusan pribadi, belajar
menghadapi emosi, belajar menghadapi stres, belajar berempati, dan belajar berkomunikasi. , Belajar
terbuka, belajar mengembangkan pemahaman. , Belajar menerima diri sendiri, belajar mengambil
tanggung jawab pribadi, belajar membangun kepercayaan diri, mempelajari dinamika tim dan belajar
menyelesaikan konflik.

Published
2021-02-18