Analisis Penyelesaian Tugas Pada Webinar PEP dengan Topik Penelitian Kualitatif

Authors

  • Supriyadi Supriyadi
  • Ani Rusilowati
  • Roudloh Muna Lia
  • M Haris Setiawan
  • Dwiana Octafia

Keywords:

analisis, webinar, penelitian kualitatif

Abstract

Penelitian ini mengkaji analisis penyelesaian tugas webinar dengan topik pembahasan penelitian
kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis penyelesaian tugas peserta webinar dalam
menjawab pertanyaan pada saat penugasan webinar dengan topik penelitian kualitatif. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi penelitiian yaitu 194 peserta
webinar. Sampel penelitian yaitu peserta workshop daring yang mengumpulkan tugas sebagai syarat
penerimaan sertifikat 32 JP, yaitu sejumlah 46 peserta dari seluruh Indonesia. Alat pengumpul data
berupa instrumen penilaian penyelesaian tugas yang terdiri atas 13 item. Data yang diperoleh berupa
data kualitatif dan kuantitatif, sedangan analisa ynag digunakan berupa percentage agreement. Hasil
penelitian menunjukkan presentase terbanyak penilaian kualitas penyelesaian tugas yaitu pada
tingkat mengaplikasikan (17.4%), menganalisis (60.9%) dan mengevaluasi (13%). Bentuk tugas
yang tersaji dapat dikategorikan menjadi 3 yaitu penulisan rancangan/draft penelitian (19%),
proposal penelitian (abstrak-instrumen penelitian) (26%) , hanya menjawab soal yang diberikan
(55%). Sejumlah 45% peserta telah melakukan kreatifitas dalam menyelesaikan tugas. Ketersesuaian
tugas dengan soal yang diberikan yang terbanyak adalah pada skala 4, yaitu 54.3%. Sebesar 71.7%
peserta dapat merumuskan fokus utama, Sebanyak 67.4% peserta dapat membuat rumusan masalah
sesuai dengan fokus utama penelitian yang diambil. Berdasarkan pemaparan di atas dapat
disimpulkan bahwa penyelesaian tugas rata-rata pada tingkat menganalisis dan penyelesaian tugas
peserta pada webinar PEP tentang penelitian kualitatif tergolong baik.

Downloads

Published

2021-02-18

Issue

Section

Articles