Perubahan Proses Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar di Tengah Pandemi Covid-19

  • Nur Khairiyah Mar’ah
  • Ani Rusilowati
  • Woro Sumarni
Keywords: Perubahan Pembelajaran, Anak-Anak, Pandemi Covid 19

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mendapatkan informasi kendala proses
belajar mengjar secara online terhadap adanya pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan
pendekatan metode studi kasus kualitatif yang digunakan untuk mendapatkan informasi kendala dan
akibat dari pandemi COVID19 terhadap kegiatan proses belajar mengajar disekolah dasar.
Wawancara semi tersrtuktur dilakukan dan daftar pertanyaan disusun untuk wawancara
dkembangkan berdasarkan literature terkait. Responden untuk penelitian ini adalah para guru dan
orang tua serta murid di sebuah sekolah dasar di Kab. Enrekang. Hasil penelitian ini yaitu terdapat
beberapa kendala yang dialami murid, guru dan orang ta dalam kegiatan belajar mengajar online
yaitu penguasaan teknologi yang masih kurang, penambahan biaya kuota internet, adanya pekerjaan
tambahan bagi orang tua dalam mendampingi anak belajar, komunikasi dan sosialisasi antar siswa,
guru dan orang tua menjadi berkurang dan jam kerja yang menjadi tidak terbatas bagi guru karena
harus berkomunikasi dan berkoodinasi dengan orang tua, guru lain, dan kepala sekolah.

Published
2021-02-18