Pengembangan Media Smart Board Mathematics Pada Mata Pelajaran Matematika Materi KPK dan FPB di Kelas V

  • Sigit Arvianto
  • Widayati Widayati
Keywords: Media Smart Board Mathematics, Pengembangan Media

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi tentang sulitnya siswa memahami materi KPK dan FPB dalam
pembelajaran matematika. Penggunaan media pembelajaran di kelas kurang maksimal untuk
membantu siswa oleh karena itu perlu dikembangkannya media yang dapat membantu siswa dalam
memahami materi KPK dan FPB. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media
pembelajaran matematika di kelas V yang berupa media Smart Board Mathematics dan untuk
mengetahui kelayakan dari media Smart Board Mathematics yang dikembangkan pada mata
pelajaran matematika. Proses penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan
menggunakan metode Research and Develpoment (R&D) yang diadaptasi dari penelitian Sugiyono.
Produk yang dikembangkan adalah media pembelajaran matematika yaitu media Smart Board
Mathematics. Berdasarkan data penilaian yang diperoleh terhadap produk media Smart Board
Mathematics sebagai berikut: ahli media mendapat skor 58 masuk kriteria baik, ahli materi mendapat
skor 66 masuk kriteria baik, ahli pembelajaran mendapat skor 65 masuk kriteria baik, validasi guru
pada uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar mendapat skor 95 masuk kriteria
kelayakan sangat layak sedangkan penilaian siswa pada uji coba kelompok kecil mendapat skor 43,16
masuk kriteria kelayakan sangat layak dan pada uji coba kelompok besar mendapat skor 44,709
masuk kriteria kelayakan sangat layak. Berdasarkan data yang diperoleh dengan demikian media
Smart Board Mathematics yang dikembangkan di kelas V pada materi KPK dan FPB layak digunakan
dalam proses pembelajaran

Published
2021-02-18