Penerapan Media Virtual Laboratory Dalam Pengajaran Remedial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Visual Style

  • Farikhatul Mukharomah
  • Iwan Permana Suwarna
Keywords: Media Virtual laboratory, Pembelajaran Remedial, Visual Style.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh penerapan media virtual laboratory dalam
pengajaran remedial terhadap hasil belajar siswa visual style pada konsep hukum Newton, (2)
mengetahui peningkatan hasil belajar siswa visual style dalam pengajaran remedial dengan
menerapkan media virtual laboratory pada konsep hukum Newton dan (3) mengetahui respon
siswa visual style terhadap penerapan media virtual laboratory dalam pengajaran remedial pada
konsep hukum Newton. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment, jenis
nonequivalent control group design. Sampelnya 24 siswa visual style dari 142 siswa kelas X MIPA
melalui tes gaya belajar yang dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa terdapat pengaruh penerapan media virtual laboratory dalam pengajaran remedial terhadap
hasil belajar siswa visual style pada konsep hukum Newton. Rata-rata skor siswa yang diberi
perlakuan pengajaran remedial dengan media virtual laboratory lebih tinggi (kelompok eksperimen
sebesar 12,08) dari siswa yang diberi perlakuan pengajaran remedialtanpa menggunakan media
virtual laboratory (kelompok kontrol sebesar 10,00). Peningkatan hasil belajar siswa visual style
kelompok eksperimen sebesar 0,57 (kategori sedang), sedangkan kelompok kontrol sebesar 0,30
(kategori rendah). Respon siswa terhadap pembelajaran melalui media virtual laboratory ada pada
kategori baik (77%).

Published
2021-02-25