Pembelajaran Mencipta Tari Kreasi Dengan Metode Saposasi Di SMA Negeri 1 Bergas.

  • Larasati Huri Saputri
  • Agus Cahyon
  • Wahyu Lestari
Keywords: Keterampilan mencipta, tari kreasi, metode saposasi

Abstract

Pembelajaran seni tari dengan metode saposasi penting diajarkan pada peserta didik di SMA Negeri
1 Bergas untuk meningkatkan keterampilan mencipta tari kreasi Nusantara. Metode saposasi adalah
metode pemberian formasi /pola lantai pada setiap satu kelompok. Formasi/pola lantai yang dipilih
peserta didik akan diperagakan dan secara bertahap akan diberi ragam gerak tangan, kaki, badan,
dan kepala. Setelah peserta didik menguasai gerakan, kemudian dilakukan pencarian musik yang
sesuai dan dibuatkan konsep tarinya. Masalah dalam penelitian adalah bagaimana proses
pembelajaran seni tari dengan metode saposasi meningkatkan keterampilan mencipta tari peserta
didik di SMA negeri 1 Bergas. Tujuan penelitian mendeskripsikan dan menganalisis pembelajaran
mencipta tari kreasi dengan metode saposasi. Metode penelitian dilakukan secara kuantitatif.
Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan studi dokumen. Analisis data yang
digunakan ferivikasi data, reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan persentasi
ketuntasan peserta didik sebesar 100% dengan nilai rerata 79. Peningkatan nilai rata-rata mencipta
tari kreasi pada aspek wiraga adalah 5,26 %, wirama 6,66%, wirasa sebesar 9,21 %, wirupa 6,66 %
dan deksripsi tari sebesar 7,69%. Peningkatan nilai rata-rata menunjukkan adanya keberhasilan
penggunaan metode saposasi pada proses pembelajaran mencipta tari kreasi pada peserta didik.
Penggunakan metode saposasi pada proses pembelajaran dapat memaksimalkan proses mencipta
tari kreasi Nusantara

Published
2021-02-25