Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Perkembangan Anak Sekolah Dasar

  • Lintang Tunjung Sekar Jati
  • Woro Sumarni
Keywords: Covid-19, perkembangan anak, sekolah dasar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai dampak pandemi covid-19
terhadap perkembangan anak sekolah dasar yang meliputi perkembangan kognitif, bahasa, dan
sosial-emosional. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus eksplorasi dan pendekatan
penelitiannya menggunakan metode studi kasus kualitatif yang dipergunakan untuk memperoleh
informasi mengenai dampak pandemi covid-19 terhadap perkembangan anak sekolah dasar.
Responden yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 9 orang dan terdiri dari 5 anak SD, 1
wali murid, 2 guru, dan 1 kepala sekolah yang semuanya bertempat tinggal di Kabupaten Bantul
Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Teknik wawancara semi terstruktur digunakan untuk
mengumpulkan data. Berdasarkan penelitian ini, dapat dilihat bahwa perkembangan anak menjadi
terhambat karena disebabkan oleh beberapa hal diantaranya adalah dalam kegiatan pembelajaran,
kompetensi dasar tidak diharuskan untuk dicapai oleh para siswa; siswa menjadi kurang jelas
terhadap pemahaman materi karena guru tidak menyampaikannya secara langsung; tidak adanya
kegiatan tatap muka; dibatalkannya beberapa kegiatan sekolah sehingga mengakibatkan semangat
anak dalam belajar menurun; dan anak kurang bersosial dengan teman-teman sebayanya

Published
2021-02-25