Profil Pemecahan Masalah Menurut Krulik Dan Rudnick Ditinjau Dari Kemampuanan Wolfram Mathematica

  • Ali Shodiqin
  • Sukestiyarno Sukestiyarno
  • Wardono Wardono
  • Isnarto Isnarto
  • P.W. Utomo P.W. Utomo
Keywords: pemecahan masalah, krulik dan rudnick, wolfram mathematica

Abstract

Hal yang harus diperhatikan dalam matematika yaitu pemecahan masalah. Dalam penelitian ini
mengkaji profil pemecahan masalah Integral oleh mahasiswa matematika di tinjau dari
kemampuan Wolfram Mathematica. Penelitian ini terkait penelitian kualitatif deskriptif. Subjek
diambil dari mahasiswa pendidikan matematika Universitas PGRI Semarang berdasarkan
kemampuan wolframe mathematica. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan
empat langkah, mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan
kesimpulan. Keabsahan data diperoleh berdasarkan triangulasi waktu, sedangkan analissinya
dikembangkan berdasarkan tahapan pemecahan masalah menurut Krulik-Rudnick. Berdasarkan
hasil analisis, diketahui subjek dengan kemampuan Wolfram Mathematica tinggi mampu mengerti
informasi di soal, merancang penyelesaian soal, memilih strategi yang digunakan, menemukan
jawaban dengan tepat, serta mengembangkan jawaban pada situasi lain. Subjek dengan kemampuan
Wolfram Mathematica sedang dalam mencari alternatif solusi serta pengembangan jawaban pada
situasi lain kurang tepat. Sedangkan subjek dengan kemampuan Wolfram Mathematica rendah
kurang tepat dalam menyajikan yang diketahui dalam soal, kurang tepat dalam menemukan
jawaban serta tidak dapat mencapai tahap analisis dalam menyelesaikan permasalahan.

Published
2021-02-25