Analisis Hasil PJJ Penyusunan RPP dengan Evaluasi Model CIPP di Balai Diklat Keagamaan Semarang

  • Sri Sukarni Katamwatiningsih
Keywords: Analisis hasil PJJ, Penyusun RPP, model CIPP

Abstract

Fokus penelitian ini adalah untuk menganalisis hasil Pelatihan Jarak Jauh (PJJ) penyusunan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Secara khusus tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui hasil PJJ didalam mendukung kinerja pembelajaran. Kajian ini menggunakan metode
penelitian kuantitatif dengan pendekatan model CIPP (Contex, Input, Procces, dan Product).
Pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan telaah dokumen. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penyelenggaraan PJJ menunjukkan hasil rata-rata pada empat aspek sebesar
83.83% dengan rincian: 1). analisis konteks 89.7% (kategori Baik), 2). analisis input 74.04%
(kategori Cukup), 3). analisis proses 86.68% (kategori Baik), dan 4). analisis produk 84.93%
(kategori Baik). Selanjutnya, hasil analisis proses penyelenggaraan yang cukup tinggi 86.68%
(kategori Baik) berbanding lurus dengan peningkatan kompetensi guru dalam menyusun RPP.
Berdasarkan hasil temuan didalam penelitian ini, bahwa PJJ merupakan sebuah kebutuhan di masa
mendatang akan jenis pelatihan yang efektif dan efisien namun diperlukan beberapa perbaikan
terutama dalam aspek input (anggaran, sarana prasarana, kurikulum dan silabus, kepesertaan,
kompetensi admin dan kompetensi widyaiswara pengampu materi).

Published
2021-02-28