Evaluasi Manajemen Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Based Learning di Masa pandemi Covid-19

  • Lisa Virdinarti Putra
  • Hanita Bella Safitri
  • Esa Cintya Fidini
Keywords: Pembelajaran matematika SD, pendekatan problem based learning, kemampuan pemecahan masalah.

Abstract

Di era pandemi covid-19 ini pembelajaran di SD khususnya pembelajaran matematika berjalan
tidak semestinya. Siswa merasa kesulitan dalam belajar karena pembelajaran berlangsung secara
daring on line. Siswa belum begitu siap soal teknologi, belajar mandiri dan jauh dari jangkauan
guru. Penelitian ini bertujuan mencari akar penyebab rendahnya hasil belajar siswa di era pandemi,
dan mencari rekomendasi bagaimana memanajemen pembelajaran agar siswa dapat sampai pada
tujuan. Penelitian kualitatif diterapkan pada SDN Susukan 04 dengan mengambil 10 orang siswa,
dan beberapa orang kunci seperti Kepala Sekolah, guru kelas matematika. Fokus penelitian pada
perencanaan pembelajaran. Data diambil melalui trianggulasi (observasi, wawancara mendalam dan
kemudian dokumentasi). Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisis secara
deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan akar permasalahan siswa masih kesulitan
menyesuaikan pembelajaran dengan daring, kesulitan untuk bertanya, kekurangan bahan ajar yang
mendukung untuk belajar mandiri, serta dalam kemampuan pemecahan masalah. Pendalaman lebih
lanjut tentang manajemennya, bahwa guru masih belum menyiapkan pembelajaran yang
mendukung belajar anak. Pelaksanaan pembelajaran guru cenderung memberi instruksi, dimana
instruksi tidak mudah dilaksanakan oleh kerjasama siswa dan orang tua. Atas dasar temuan tesebut
direkomendasikan bahwa guru sangat perlu diberi pendampingan untuk merancang pembelajaran
daring, menyusun e-modul sebagai bahan belajar siswa. Pada pelaksanaan pembelajaran on line
perlu adanya pendekatan pembelajaran agar mampu memecahkan masalah.

Published
2021-02-28