Potensi Game Edukasi Untuk Mengembangkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Daring

  • Shinta Permatasari
  • Mohammad Asikin
  • Nuriana Rachmani Dewi
Keywords: Game Edukasi, Koneksi Matematis, Pembelajaran Daring.

Abstract

Aktivitas menghubungkan atau mengkaitkan konsep dalam matematika disebut dengan koneksi matematis.
Kemampuan koneksi matematis siswa merupakan kemampuan menghubungkan konsep matematika dengan
antar konsep didalam matematika maupun mengaitkannya dengan bidang lainnya. Seiring berkembangnya
teknologi berdampak pada dunia pendidikan. Pemanfaatan teknoloogi menjadi sebuah referensi bagi seorang
guru dalam menghadirkan proses kegiatan belajar mengajar dengan membuat media yang unik, menarik dan
menyenangkan. Kemajuan teknologi yang semakin cepat ini, dapat membantu guru dalam menciptakan inovasi
baru dan meningkatkan kreativitas sehingga merancang media pembekejaraan yang menarik berbentu audio,
visual, dan gerak. Game edukasi salah satu pemecahan yang menjadi usulan sebagai media pembelajaran yang
inovatif. Berdasarkan kajian teori dan penelitian bahwa game edukasi berpotensi dapat memeberikan pengaruh
positif dalam mengembangkan kemampuan koneksi matematis siswa menggunakan pembelajaran yang
dilaksanakan secara daring.

Published
2021-02-28