Analisis Penggunaan LMS SPADA UPGRIS pada Mata Kuliah IPA Program Studi S1 PGSD Universitas PGRI Semarang dengan Pendekatan Etno-STEM

  • Fine Reffiane
  • Sudarmin Sudarmin
  • Wiyanto Wiyanto
  • Sigit Saptono
Keywords: Pembelajaran Daring, Etno-STEM

Abstract

Mata Pelajaran IPA merupakan mata pelajaran terstruktur untk penguasaan pada suatu konsep IPA.
Sehingga diperlukan suatu proses pembelajaran yang tidak membosankan. Kondisi saat ini sedang
terjadi pandemic Covid 19 sehingga system pembelajaran tatap muka beralih menjadi system
pembelajaran secara online. Untuk itu perlu dilakukan penelitian pada mahasiswa yang mengikuti
perkuliahan IPA di program studi S1 PGSD Universitas PGRI Semarang. Penerapan pendekatan
Etno-STEM pada mahasiswa yang dilakukan secara komprehensif dapat dilaksanakan dengan baik
melalui proses pembelajaran daring yang dilakukan pada LMS SPADA UPGRIS.
Metode Penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa
dari sepuluh pernyataan yang diajukan. Terdapat pernyataan yaitu yang masuk dalam kategori sangat
sesuai yaitu pada proses penguploadan tugas yang dapat dilakukan dengan tepat waktu.
Penggunaan LMS SPADA UPGRIS memberikan dampak yang positif dengan diperolehnya data
bahwa penggunaan LMS SPADA UPGRIS menambah semangat belajar sebanyak 96,5 %.

Published
2021-03-05