Kewenangan Supervisi Akademik Dalam Perbaikan Pembelajaran Berkelanjutan

  • Kamaludin Kamaludin
  • Joko Widodo
  • Eko Handoyo
  • Ali Masyhar
Keywords: : Kewenangan, Supervisi Akademik, Perbaikan Pembelajaran Berkelanjutan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh hipotesis terhadap pelaksanaan wewenang supervisor
dalam rangka supervisi akademik dalam perbaikan pembelajaran berkelanjutan di sekolah dasar.
Berdasarkan tujuan dan permasalahan yang diteliti, metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan
Agustus 2020, dengan tempat penelitian di Kabupaten Brebes Provinsi Jawa Tengah. Fokus dalam
penelitian ini adalah mendeskripsikan kewenangan supervisoi akademik dalam perbaikan
pembelajaran berkelanjutan melalui analisa kesenjangan/gap yang terjadi untuk dicari akar
permasalahannya dan kemudian ditarik kesimpulannya. Teknik observasi, teknik wawancara, dan
teknik dokumentasi merupakan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil
penelitian ini berupa hipotesis bahwa komitmen terhadap tanggungjawab dalam wewenang yang
melekat pada diri supervisor melalui bimbingan berkelanjutan, penjadwalan, dan motivasi dengan
pendekatan yang berbasis kombinasi antara pendekatan behaviouristik, kognitifistik, serta
humanistik menjadi hal mendasar dan berpengaruh terhadap terciptanya peningkatan kualitas
pembelajaran secara berkelanjutan di sekolah dasar demi tercapainya output pembelajaran sesuai
dengan standar kompetensi lulusan.

Published
2021-03-05