Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Katholik Berbasis Aplikasi Android

  • Paula Emerentiana
  • Wahyu Lestari
  • Yuli Kurniawati Sugiyo Pranoto
Keywords: : Penilaian karakter, matematika, bangun datar

Abstract

Karakter adalah cara berpikir dan bertingkah laku yang tidak selaras dan sebagai karakteristik ciri
khas berdasarkan masing-masing individu untuk hidup dan bekerja sama baik pada lingkungan
keluarga, rakyat, bangsa dan negara. Untuk membangun karakter siswa dalam pembelajaran
matematika perlu didukung dengan instrument penilaian yang berkualitas. Tujuan dari penelitian ini
untuk mengidentifikasikan karakteristik instrument panilaian karakter dalam pembelajaran
matematika siswa kelas V Sekolah Dasar Katholik Yos Sudarso. Penelitian ini dilakukan pada kelas
V Sekolah Dasar Katholik Yos Sudarso Maumere. Data dikumpulkan menggunakan observasi dan
wawancara bersama guru kelas dan guru mata pelajaran matematika kelas V. Berdasarkan hasil yang
dapatkan, pembentukan karakter pada siswa masih minim. Tidak sesuai dengan indikator yang
ditentukan, dapat disimpulkan bahwa karakter siswa dalam pembelajaran matematika masih belum
berkualitas

Published
2021-03-09