Nilai-Nilai Ekologi Pada Agrowisata Sebagai Wujud Pendidikan Konservasi

  • Raras Gistha Rosardi
  • Sucihatiningsih Dian Wisika Prajanti
  • Hamdan Tri Atmaja
  • Juhadi Juhadi
Keywords: Ekologi, Konservasi, Agrowisata

Abstract

Permasalahan lingkungan merupakan isu dan agenda global. Millenium Development Goals (MDGs)
dilanjutkan dengan Sustainable Develompment Goals (SDGs) salah satunya membahas mengenai
agenda lingkungan dan global warming. Upaya yang dapat dilakukan adalah melalui sebuah edukasi
yang konsisten dan berkelanjutan. Pendidikan konservasi merupakan jalan untuk menanamkan dan
menyadarkan nilai-nilai ekologi melalui kegiatan agrowisata. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah
untuk mendeskripsikan nilai-nilai ekologi pada Agrowisata dan menganalisis peran agrowisata
sebagai wujud Pendidikan Konservasi. Artikel ini merupakan kajian literature dari berbagai artikel
jurnal dan buku yang berkaitan dengan ekologi, konservasi serta agrowisata. Hasil kajian dari artikel
ini adalah Agrowisata memiliki potensi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai
pembangunan berkelanjutan. Kegiatan agrowisata dapat menjadi alat untuk pelestarian identitas
budaya, untuk lebih mengembangkan masyarakat lokal dan untuk menawarkan alokasi sumber daya
yang adil. Integrasi nilai-nilai ekologi pada kegiatan agrowisata diantaranya adalah pengetahuan
terhadap Agro (Pertanian, Perkebunan, Peternakan dan Perikanan), Wawasan perlindungan dan
pelestarian alam, upaya penghematan dalam penggunaan sumber daya alam dan tindakan menjaga
lingkungan serta tidak melakukan pengrusakan. Pendidikan konservasi dapat diintegrasikan pada
mata pelajaran IPS dan mata kuliah di Perguruan Tinggi yang berkaitan dengan Pendidikan
Lingkungan.

Published
2021-03-09