Implementasi Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19 Terhadap Perkembangan Anak Di Sekolah Dasar

  • Hafidzar Noor Iqbala
  • Woro Sumarni
Keywords: Perkembangan kognitif, pembelajaran daring, covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran daring yang di
laksanakan pada jenjang sekolah dasar di masa masa covid-19. Penelitian ini menggunakan metode
kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data di lakukan dengan wawancara. Teknik
analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Partisipan penelitian berjumlah 15 orang
yaitu 5 orang guru sekolah dasar, 5 orang siswa sekolah dasar, dan 5 orang wali siswa yang bersedia
menjadi partisipan penelitian. Berdasarkan data penelitian, ditemukan bahwa pembelajaran pada
masa covid-19 dapat di lakukan dengan daring maupun luring. Pembelajaran secara daring dilakukan
sebagai upaya untuk melaksanakan pembelajaran pada masa pamdemi covid-19. Aplikasi yang
digunakan dalam pembelajaran daring diantaranya google form, youtube, zoom, dan whatsapp.
Pembelajaran secara daring dianggap menyusahkan bagi guru, orang tua, dan siswa. Hubungan antara
guru, orang tua, dan siswa berjalan dengan baik melalui kerjasama selama pembelajaran dan
penugasan yang diberikan oleh guru kepada siswa. Proses kegiatan belajar mengajar berjalan efektif
dan efisien karena kreatifitas guru dalam merancang pembelajaran. Selain itu, soal-soal yang
diberikan guru kepada siswa dapat digunakan sebagai pengganti nilai harian siswa. Adanya
pembelajaran daring ini memberikan dampak positif terutama dalam bidang pendidikan dalam
mengurangi penyebaran virus Covid-19 .

Published
2021-03-09