Pelaksanaan Koperasi Sekolah di MAN 3 Palembang

  • Imam Santoso
Keywords: pelaksanaan, koperasi sekolah

Abstract

Koperasi sekolah memiliki peranan sebagai penggerak dan motivasi siswa untuk berwirausaha sesuai
dengan minat bakat. Koperasi sekolah juga disiapkan sebagai sarana pelatihan siswa untuk
mempersiapkan insan pembangun masa depan. Koperasi sekolah berada di lingkungan sekolah
dengan beranggotakan semua staff, guru dan siswa. Semua jejang tingkatan pendidikan mulai dari
sekolah dasar, menengah dan atas biasanya memiliki koperasi sekolah Metodologi penelitian yang
digunakan penelitian deskriptif kualitatif dan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan teknik
pengumpulan data yang meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. informan utama penelitian
ini ialah pembina koperasi sekolah dan ketua koperasi, sedangkan informan pendukung ialah kepala
sekolah dan peserta didik. Adapun hasil penelitian: Pelaksanaan koperasi sekolah di Madrasah Aliyah
Negeri 3 Palembang terdiri dari empat point penting yakni: (1) Rencana detail program dilakukan
untuk merancang semua program kegiatan yang akan dilakukan koperasi sekolah, (2) Pembagian
tugas yang telah dibagi sesuai bidangnya dirancang ketua koperasi dan siswa pun telah
dikelompokkan, (3) Monitor atau pemantauan kegiatan koperasi sekolah yang dilaksanakan oleh
siswa diantaranya menjaga koperasi sekolah, menjual, mengevaluasi sampai pelaporan di Rapat
Anggota Tahunan, dan (4) Review sama halnya seperti pengawasan kegiatan koperasi sekolah
langsung ditempat kegiatan koperasi sekolah ini dilakukan. Faktor yang mempengaruhi pelaksanaan
koperasi sekolah terdiri dari faktor pendukung meliputi keikutsertaan siswa, tersedianya fasilitas
sarana prasarana, kebijakan strategis kepala sekolah, dan aturan-aturan terkait koperasi untuk
mempermudahkan siswa menjalankan tugasnya dan faktor penghambat meliputi kurangnya
pembiasaaan disiplin, kurangnya kesadaran siswa mengenai pelaksanaan tugasnya, kurangnya
sosialisasi dan pelatihan kepada siswa

Published
2021-03-10