Psikoedukasi Kelompok dengan Peer Support untuk Meningkatkan Career Adaptability Santri di Pesantren

Authors

  • Muslikah Muslikah Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • DYP Sugiharto Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Sugiyo Sugiyo Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Anwar Sutoyo Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Keywords:

peer, career, islamic, boarding school

Abstract

Abstrak. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tidak langsung kemampuan beradaptasi karir yang dimediasi oleh peer support yang dialami oleh santri di pesantren. Dukungan sebaya atau peer support adalah salah satu bentuk dukungan sosial yang dirasakan sehingga dapat dianggap sebagai jumlah total faktor seseorang yang menyadari bahwa individu tersebut ada di lingkungan tersebut dan sedang didukung. Sementara itu, tidak semua santri memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan karir mereka. Santri di pesantren masih kurang pemahaman tentang adaptasi dengan karir. Oleh karena itu, fokus dalam kajian ini adalah untuk mengetahui apakah dukungan teman sebaya atau peer support dapat menentukan kemampuan adaptasi karir pada santri di pesantren. Metode tinjauan sistematis yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan kajian literatur review. Kajian ini merupakan sebuah artikel konseptual yang didasarkan pada review artikel dengan jurnal bereputasi. Hasil telaah literatur ini mengindikasikan bahwa psikoedukasi kelompok dengan mediasi peer support dapat meningkatkan adaptabilitas karir santri di pesantren. Penyampaian menggunakan metode psikoedukasi dapat juga dimanfaatkan untuk mengembangkan keterampilan santri.

 

Abstract. This study aims to determine the indirect relationship between career adaptability mediated by peer support experienced by students in Islamic boarding schools. Peer support is a form of perceived social support so that it can be considered as the total number of factors a person realizes that the individual is in the environment and is being supported. Meanwhile, not all students have the ability to adapt to their careers. Santri in pesantren still lack an understanding of adaptation to a career. Therefore, the focus of this study is to find out whether peer support can determine the career adaptability of students in Islamic boarding schools. The methode systematic review carried out in this study was using a literature review review. This study is a conceptual article based on a review of articles by reputable journals. The results of this literature review indicate that group psychoeducation with peer support mediation can improve the career adaptability of students in Islamic boarding schools. Submissions using psychoeducational methods can also be used to develop students' skills.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles