Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Siswa Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Habibullah Habibullah Program Doktor, Pendidikan Matematika, FMIPA Universitas Negeri Semarang
  • Wardono Wardono Pendidikan Matematika, FMIPA Universitas Negeri Semarang
  • Budi Waluya Pendidikan Matematika, FMIPA Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Model Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Siswa Sekolah Menengah Pertama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL) terutama dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Selain itu, penelitian ini juga mendeskripsikan serta menjelaskan hubungan antara model PBL dengan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini menggunakan metode Meta Analisis yang melibatkan hasil penelitian dari beberapa peneliti. Meta Analisis yaitu suatu jenis penelitian yang bertujuan mendeskripsikan, menjelaskan, dan menemukan suatu informasi yang mudah ditemukan kembali. Adapun tahapan yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan mengumpulkan data yang dicari melalui google scholar dan database jurnal bereputasi. Selanjutnya, data yang telah didapatkan dipilah dan disederhanakan, kemudian data dianalisis dan disajikan dengan menarik sebuah kesimpulan. Berdasarkan hasil kajian yang telah dilakukan ditemukan bahwa terdapat korelasi positif pada kategori baik pada variabel posttest dan pretest untuk penggunaan PBL. Selain itu, ditemukan nilai gainscore lebih dari 40%. Dengan kata lain, penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Downloads

Published

2024-02-07

Issue

Section

Articles