Pengaruh Media Pembelajaran Pop Up Book Pada Materi Statistika Terhadap Pemahaman Konsep

Authors

  • Dwita Lestari STKIP Muhammadiyah Pagaralam
  • Iqbal Dwi Stiadi Mahendra STKIP Muhammadiyah Pagaralam
  • Wike Anggriani

Keywords:

Pengaruh, media pembelajaran pop up book

Abstract

Pop up book merupakan buku yang memuat gambar-gambar tiga dimensi berkaitan dengan materi pembelajaran agar siswa lebih mudah untuk memahami materi. Materi pembelajaran tersebut bisa berupa materi tentang statistika. Pada materi statistika ini, siswa sering mengalami kesulitan dalam mengaplikasikan suatu diagram seperti diagram lingkaran ke dalam bentuk pesentase. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran pop up book pada materi statistika terhadap pemahaman konsep matematika siswa di kelas VII. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen tipe Posttest Only Control Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah Pagar Alam yang terdiri dari 36 siswa sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media pop up book dan 36 siswa sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data melalui metode dokumentasi dan tes dalam bentuk essay untuk mengukur pemahaman konsep siswa. Untuk menganalisis data tersebut digunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji perbedaan dua rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh media pembelajaran pop up book pada materi statistika terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VII. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata pemahaman konsesp matematika siswa yang menggunakan media pop up book lebih besar daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Untuk itu, dalam pembelajaran matematika seorang pendidik perlu menyiapkan media pembelajaran khususnya media pop up book agar lebih mudah dalam menyampaikan konsep pembelajaran matematika.

Downloads

Published

2024-02-07

Issue

Section

Articles