Pembelajaran Matematika dalam Mengintegrasikan Nilai Karakter di Era Kurikulum Merdeka Technology Society 5.0

Authors

  • Caecillia Rafika Sarah Universitas Negeri Semarang
  • Sugiman Sugiman Universitas Negeri Semarang
  • Detalia Noriza Munahefi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Pembelajaran Matematika; Nilai Karakter; Kurikulum Merdeka, Technology, Society 5.0

Abstract

Pendidikan merupakan penentu kualitas sumber daya manusia pada suatu bangsa yang dapat menuntun perkembangan bangsa menuju ke arah yang semakin baik dalam berbagai aspek. Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pendidikan sejalan dengan konsep baru dalam dunia social dan teknologi, yakni revolusi industri Society 5.0 yang memungkinkan manusia untuk memanfaatkan ilmu pengetahuan berbasis modern yang dimilikinya, salah satunya dalam proses implementasi nilai karakter di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji terkait dengan pembelajaran matematika dalam mengintegrasikan nilai karakter kurikulum Merdeka di era teknologi society 5.0. metode penelitian yang digunakan penulis adalah studi literatur melalui kajian artikel ilmiah, buku, prosiding jurnal, dan literatur ilmiah lainnya. Data analisis dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui hubungan antara satu aspek dengan aspek lainnya. Berdasarkan hasil studi Pustaka dapat ditarik kesimpulan bahwa nilai-nilai karakter dalam pembelajaran matematika dapat diintegrasikan melalui proses pembelajaran yang menyenangkan sesuai dengan konsep kurikulum Merdeka di era society 5.0 pada pembelajaran Abad ke-21, yakni pembelajaran paradigma baru yang memiliki tujuan pembelajaran, proses pembelajaran, dan proses asesmen dilakukan guna memastikan tercapainya nilai-nilai karakter peserta didik yang diwujudkan melalui Profil Pelajar Pancasila.

Downloads

Published

2024-02-07

Issue

Section

Articles