Studi Literatur: Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Kontruktivisme Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik

Authors

  • Hendrisa Adrillian Universitas Negeri Semarang
  • Detalia Noriza Munahefi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Problem Based Learning, Teori Kontruktivisme, Berpikir Kritis

Abstract

Kesulitan dalam pembelajaran matematika merupakan masalah yang dialami oleh peserta didik dan harus diperhatikan. Pembelajaran matematika memiliki tujuan untuk bekal peserta didik dalam memperoleh kemampuan berikir logis, analisis, sistematis, kritis, dan kreatif. Salah satu kemampuan yang dibutuhkan peserta didik adalah kemampuan dalam berpikir kritis. kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik masih tergolong rendah, sehingga perlu ditingkatkan lebih lanjut agar kemampuan berpikir kritis matematis dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan penjelasan atau kajian tentang penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan kontruktivisme terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskritif melalui studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan kontruktivisme dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. Penggunaan teori pembelajaran kontruktivisme dinilai efektif dan sesuai dengan pembelajaran matematika melalui model Problem Based Learing karena teori kontruktivisme memberikan kesempatan peserta didik dalam membangun pengetahuannya sendiri. Sehingga, model pembejaran Problem Based Learning dengan pendekatan kontruktivisme dapat ddigunakan guru dalam pembelajaran matematika untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis matematis melalui permasalahan yang ada di kehidupan sehari-hari.

Downloads

Published

2024-02-07

Issue

Section

Articles