Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada materi Himpunan Pada Siswa Kelas VII

Authors

  • Winda Meilisa Anggriani STKIP Muhammadiyah Pagaralam
  • Elsa Septiani STKIP Muhammadiyah Pagaralam
  • Aniska Apriani STKIP Muhammadiyah Pagaralam

Keywords:

Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS), Himpunan

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh pembelajaran Creative Problem (CPS)Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada materi Himpunan Pada Siswa Kelas VII SMP muhammadiyah Pagaralam Tahun Ajaran 2023/2024. Sedangkan yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem (CPS)Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada materi Himpunan Pada Siswa Kelas VII SMP muhammadiyah Pagaralam Tahun Ajaran 2023/2024. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP muhammadiyah Pagaralam Tahun Ajaran 2023/2024. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII, dan VII, berjumlah 68 siswa SMP muhammadiyah Pagaralam Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini adalah penelitian dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan untuk menguji hipotesis digunakan uji t' satu pihak, yaitu pihak kanan. Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata kelas VII, (eksperimen) yaitu x₁= 65,59 dan rata-rata kelas VII, (kontrol) yaitu .x2 = 56,91 metode yang digunakan adalah metode dokumentasi, dan metode tes. Metode dokumentasi digunakan untuk mengetahui nama peserta didik dan bukti fisik penelitian, sedangkan metode tes digunakan untuk mengukur tingkat kemampuan peserta didik pada akhir proses pembelajaran. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif yaitu hipotesis dengan rumus statistik ujit.

Downloads

Published

2024-02-07

Issue

Section

Articles