Studi Literatur: Implementasi Konstruktivisme dalam Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka berbasis Etnomatematika

Authors

  • Bagus Surya Maulana Universitas Negeri Semarang
  • Detalia Noriza Munahefi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Etnomatematika, Konsktruktivisme, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Matematika.

Abstract

Kebijakan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan membentuk Kurikulum Merdeka sebagai acuan kurikulum terbaru dalam pendidikan memberikan dampak yang signifikan dalam dunia pendidikan, salah satunya adalah pembelajaran Matematika. Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan dalam pelaksanaan pembelajaran. Sejalan dengan itu, pengertian dari Konstruktivisme adalah teori belajar yang memberikan kebebasan pada siswa untuk mencari dan membangun pengetahuan mereka sendiri. Etnomatematika sendiri didefinisikan sebagai pengintegrasian budaya dengan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Konstruktivisme dalam pembelajaran matematika pada Kurikulum Merdeka berbasis Etnomatematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dengan tiga tahap, yaitu organize, synthesize, dan identify pada jurnal, artikel dan beberapa sumber dokumen lain yang relevan dengan penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah Konstruktivisme memiliki implementasi yang relevan terhadap pembelajaran matematika berbasis Etnomatematika. Etnomatematika memberikan konsep kebebasan kepada siswa untuk membangun pengetahuan mereka sendiri mengenai matematika dalam budaya. Hal-hal tersebut saling mendukung satu sama lain saat diterapkan dalam proses pembelajaran matematika sehingga menciptakan inovasi dalam pembelajaran matematika pada teori Konstruktivisme.

Downloads

Published

2024-02-07

Issue

Section

Articles