Inovasi Pembelajaran Matematika Metode Rolling Question Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Kemampuan Berpikir Siswa Di Kelas VII Smp Negeri 2 Pagaralam

Authors

  • Sinta Ariani STKIP Muhammadiyah Pagaralam
  • Mike Octavia STKIP Muhammadiyah Pagaralam

Keywords:

Rolling Question, Teori Kerucut

Abstract

Inovasi pembelajaran matematika metode rolling question adalah cara pembelajaran dengan menggulirkan soal kepada siswa, inovasi pembelajaran ini dilatarbelakangi oleh minimnya kemampuan siswa dalam pembelajaran matematika yang ditunjukkan dengan kurangnya aktifitas berpikir siswa dalam mengerjakan soal sehingga hasil belajar rendah. Tujuan utama inovasi ini untuk meningkatkan kreatifits berfikir dan kekampuan siswa dalam menyelesaikan soal yang diberikan. Teori yang melandasi karya inovasi pembelajaran metode rolling question adalah teori kerucut pengalaman belajar, dimana arah kerucut semakin keatas berarti semakinn abstrak dan apabila semakin kebawah menggambarkan makin konkretnya pemahaman yang diterima peserta didik, maka siswa akan lebih mengingat materi pembelajaran, dalam hal ini siswa membuat dan menjawab sendiri, juga bisa menjawab soal dari teman. Sedangkan landasan konsepnya adalah metode penemuan, membuat dan latihan. Dengan siswa membuat dan sering menjawab soal yang bergulir diharapkan pemahaman dan kemampuan berpikir siswa meningkat. Konsep metode rolling question adalah cara yang digunakan guru dalam pembelajaran dengan menggulirkan soal dari siswa kepada siswa lain secara berkesinambungan yang harus dijawab secara bersamaan agar mencapai tujuan pembelajaran. Metode pertanyaan bergulir bisa digunakan dalam pembelajaran apa saja. Media/alat yang digunakan adalah kartu soal dan kartu jawaban. Dalam proses penemuan ini, penulis mengaplikasikan metode roling question pada pembelajaran matematika materi pola bilangan di kelas VII smp negeri 2 hasil yang diperoleh setelah menerapkan metode rolling question adalah peningkatan kreativitas berpikir dan kemampuan siswa menjawab soal yang dibuktikan dengan hasil rata-rata 92 dan ketuntasan belajar 93%, dengan metode pertanyaan bergulir, membuat siswa menjadi lebih aktif, mampu mengerjakan soal, dan lebih konsentrasi. Metode ini juga mengandung unsur bermain sambil belaja, oleh Karen itu penilis merekomendasikan bahwa metode rolling question dapat digunakan dalam pelajaran matematika.

Downloads

Published

2024-02-07

Issue

Section

Articles