Kajian Teori: Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Software Construct 2 untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis

Authors

  • Muhammad Izzulhaq Arif Universitas Negeri Semarang
  • Nuriana Rachmani Dewi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Media Pembelajaran Interaktif, Software Construct 2, Kemampuan Berpikir Kritis

Abstract

Media pembelajaran adalah suatu alat yang membantu dalam menunjang prose pembelajaran agar peserta didik dapat lebih tertarik. Dalam penggunaan media pembelajaran, guru dapat membuat media pembelajaran yang inovatif, kreatif, dan interaktif. Namun dalam kenyataannya, masih terdapat banyak guru yang tidak menggunakan media pembelajaran sehingga proses pembelajaran terkesan monoton. Hal ini dapat menyebabkan peserta didik merasa bosan dan proses pembelajaran menjadi tidak efektif dan tidak efisien. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dapat digunakan media pembelajaran interaktif. Media pembelajaran interaktif dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Construct 2 merupakan software yang dapat membantu dalam pembuatan media pembelajaran berbasis permainan. Dengan demikian penggunaan media pembelajaran interaktif dapat memfasilitasi peserta didik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritisnya. Penulisan artikel ini bertujuan untuk memaparkan bagaimana pengembangan media pembelajaran pada materi lingkaran dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dengan berbantuan software construct 2. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif pada materi lingkaran dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Downloads

Published

2024-02-07

Issue

Section

Articles