Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa pada Mata Kuliah Metode Numerik dengan Model IDEAL Problem Solving

Authors

  • Lukmanul Akhsani Universitas Negeri Semarang
  • Wardono Wardono Universitas Negeri Semarang
  • Adi Nur Cahyono Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Motivasi, kreatif, IDELA, problem solving, metode numerik.

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh mahasiswa. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa pada mata kuliah metode numerik dengan model pembelejaran IDEAL Problem Solving. Langkah model pembelajaran IDEAL Problem Solving adalah mengidentifikasi masalah, mendefinisikan tujuan, menggali solusi, melaksanakan strategi, mengkaji kembali dan mengevaluasi. Hipotesis penelitian yaitu ada pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Data diperoleh dengan angket motivasi belajar dan tes kemampuan berpikir kreatif. Hasil analisis dengan SPSS adalah persamaan regresinya Y =– 6,928 + 17,376 X dengan nilai signifikansi sebesar 0,032 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh motivasi belajar mahasiswa (X) terhadap Kemampuan berpikir kretaif Mahasiswa (Y) pada mata kuliah metode numerik dengan model pembelejaran IDEAL Problem Solving.

Downloads

Published

2024-02-07

Issue

Section

Articles