Kajian Teori: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau Dari Rasa Ingin Tahu Siswa Pada Model Meaningful Instructional Design Berbantuan Permainan Bingo

Authors

  • Azri Keisha Alea Jurusan Matematika FMIPA, Universitas Negeri Semarang
  • Amidi Amidi Jurusan Matematika FMIPA, Universitas Negeri Semarang

Keywords:

: rasa ingin tahu, kemampuan pemahaman konsep matematika, model Meaningful Instructional Design (MID), permainan bingo

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di setiap jenjang pendidikan formal. Salah satu tujuan dari belajar matematika yaitu agar siswa dapat memiliki kemampuan pemahaman konsep matematika dengan baik, namun dalam kemampuan tersebut terdapat beberapa siswa yang masih kurang salah satu penyebabnya yaitu rasa ingin tahu siswa. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang tepat untuk dapat menyelesaikan permasalahan yang telah disebutkan yaitu model Meaningful Instructional Design (MID) berbantuan permainan bingo karena pembelajaran bermakna dan menyenangkan dapat memicu rasa ingin tahu siswa dalam memahami konsep matematika. Tujuan penelitian ini untuk memaparkan kajian bagaimana kemampuan pemahaman konsep matematika ditinjau dari rasa ingin tahu siswa pada model pembelajaran MID berbantuan permainan bingo. Penelitian ini menggunakan studi literatur dengan mengumpulkan sumber berupa artikel, jurnal, dan dokumen lain yang relevan. Hasil studi menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran MID berbantuan permainan bingo dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika dan mengembangkan rasa ingin tahu siswa. Penelitian selanjutnya perlu dianalisis lebih lanjut bagaimana kemampuan pemahaman konsep matematika ditinjau dari rasa ingin tahu siswa pada model pembelajaran MID berbantuan permainan bingo.

Downloads

Published

2024-02-07

Issue

Section

Articles