Systematic Literature Review: Kemampuan Literasi Matematika pada Problem Based Learning ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa

Authors

  • Priscilia Monica Praneswari Universitas Negeri Semarang
  • Amidi Amidi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

kemampuan literasi matematika, kemandirian belajar siswa, problem based learning

Abstract

Kemampuan literasi matematika merupakan suatu kemampuan yang menekankan pada proses perumusan, penafsiran suatu masalah kontekstual memiliki kaitan erat dengan kemampuan matematis lainnya yang sangat diperlukan dalam menghadapi perkembangan zaman, akan tetapi pada faktanya kemampuan literasi matematis siswa masih rendah. Hal tersebut dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya yaitu model pembelajaran yang kurang tepat dan juga aspek afektif siswa yang masih rendah. Oleh karena itu diperlukan suatu inovasi dalam pembelajaran yaitu penerapan model Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui dan mengidentifikasi model Problem Based Learning pada peningkatan kemampuan literasi matematika dan kemandirian belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode systematic literature review yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi yang sesuai dengan topik yang dikaji melalui artikel jurnal dan dokumen yang sesuai. Sumber artikel yang diperoleh adalah google scholar dengan rentang penelitian dari tahun 2019 hingga 2023. Hasil dari penelitian ini adalah berupa kajian yang mendeskripsikan dan menunjukkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika dan kemandirian belajar siswa. Diperlukan penelitian selanjutnya untuk dikembangkan dengan menambahkan inovasi pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa.

Downloads

Published

2024-02-07

Issue

Section

Articles