Studi Literatur: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Kolb Siswa dalam Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS)

Authors

  • Chindy Pebiana Br Sitepu Universitas Negeri Semarang
  • Amidi Amidi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Gaya Belajar Kolb, Creative Problem Solving (CPS)

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif matematis merupakan salah satu kompetensi dan keterampilan yang dibutuhkan siswa dalam menghadapi perkembangan teknologi dan informasi pada abad 21. Selain aspek kognitif, aspek afektif juga perlu diperhatikan untuk mendukung kegiatan pembelajaran, dalam hal ini adalah gaya belajar Kolb. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dapat didukung dengan menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan kajian terkait kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari gaya belajar Kolb siswa pada model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan menganalisis beberapa artikel, jurnal, dan dokumen lain yang relevan. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari tiga tahap, yaitu mengorganisasi, mensintesis, dan mengidentifikasi. Hasil studi menunjukkan bahwa model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dapat menciptakan pembelajaran yang inovatif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dan terdapat pengaruh gaya belajar Kolb siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari gaya belajar Kolb siswa pada model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS).

Downloads

Published

2024-02-07

Issue

Section

Articles