Studi Literatur: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Self Efficacy dalam Model Team Assisted Individualization

Authors

  • Auliya Milchatin Noor Universitas Negeri Semarang
  • Amidi Amidi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self Efficacy, Team Assisted Individualization.

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis menjadi salah satu dari kecakapan dasar matematika yang penting dimiliki siswa. Namun kenyataannya, kemampuan siswa Indonesia dalam memecahkan masalah matematika masih rendah. Salah satu hal yang berasal dari dalam diri siswa yang mempengaruhi rendahnya kemampuan tersebut adalah self efficacy. Oleh karena itu, diperlukanlah suatu model pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, salah satunya yaitu model pembelajaran Team Assisted Individualizations (TAI). Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menginterpretasikan kajian mengenai kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari self efficacy dalam model pembelajaran TAI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi literatur yang dilakukan dengan menganalisis artikel-artikel terdahulu yang sesuai. Teknik analisis datanya dilakukan melalui tiga tahapan (mengatur,nmenyintesis, serta mengidemtifikasi). Hasil studi menunjukkan bahwa pembelajaran TAI mampu menjadi model yang inovatif untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis, serta terdapat pengaruh self efficacy siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematisnya. Penelitian lebih lanjut perlu dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari self efficacy dalam model Team Asissted Individualization.

Downloads

Published

2024-02-07

Issue

Section

Articles