ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN LIVEWORKSHEET

Authors

  • Shibghoh Qurrota Aini Universitas Negeri Semarang
  • Endang Retno Winarti Universitas Negeri Semarang
  • Fungky Chairul Ashari SMP Negeri 20 Semarang

Keywords:

Literasi Matematis, Project Based Learning, Liveworksheet.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji ketuntasan belajar Literasi Matematis siswa dan (2) menguji perbedaan Literasi Matematis siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Metode penelitian yang dilaksanakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Semarang. Berdasarkan teknik sampel acak terpilih kelas VIII E dan VIII F sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah Posttest Literasi Matematis. Analisis data yang digunakan meliputi uji rata-rata satu sampel, uji proporsi satu sampel, uji kesamaan dua rata-rata, dan uji kesamaan dua proporsi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) literasi matematis siswa kelompok eksperimen mencapai ketuntasan belajar dan (2) literasi matematis siswa kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol.

Downloads

Published

2024-02-07

Issue

Section

Articles