ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PADA MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN SOAL OPEN-ENDED

Authors

  • Miftasya Faatihnahhari Universitas Negeri Semarang
  • Endang Retno Winarti Universitas Negeri Semarang
  • Miftakhul Arifin SMP Negeri 1 Kaliori
  • Dhanang Bayu Wicaksono SMP Negeri 1 Kaliori

Keywords:

Berpikir Kreatif Matematis, Soal Open-Ended, Creative Problem Solving.

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif matematis merupakan salah satu keterampilan yang diperlukan oleh peserta didik pada abad 21 untuk memecahkan masalah di masa depan. Peserta didik dapat melatih kemampuan tersebut dengan mengerjakan soal-soal open-ended. Indikator kemampuan berpikir kreatif matematis pada penelitian ini yakni fluency, flexibility, originality, dan elaboration. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan Creative Problem Solving berbantuan soal open-ended terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Kaliori. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan true experimental design yakni posttest only control design. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kreatif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kaliori tahun ajaran 2023/2024. Berdasarkan teknik random sampling terpilih kelas VIII.1 dan VIII.3 sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan soal open-ended efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik.

Downloads

Published

2024-02-07

Issue

Section

Articles