Efektivitas Model Guided Inquiry Learning Berbantuan Cabri 3D Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Writing Siswa dan Kemampuan Komunikasi Matematis Drawing Siswa

Authors

  • Eka Jaya Apriatna Pendidikan Matematika, FMIPA Universitas Negeri Semarang
  • Wardono Wardono Pendidikan Matematika, FMIPA Universitas Negeri Semarang
  • Budi Waluya Pendidikan Matematika, FMIPA Universitas Negeri Semarang

Keywords:

komunikasi matematis writing, komunikasi matematis drawing, Cabri 3D, Guided Inquiry Learning.

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitia ini adalah untuk mengetahui: (1) efektivitas model Guided Inquiry Learning (GIL) berbantuan Cabri 3D terhadap kemampuan komunikasi matematis writing siswa dan kemampuan komunikasi matematis drawing siswa; dan (2) perbandingan efektivitas antara model GIL berbantuan Cabri 3D dan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematis writing siswa dan kemampuan komunikasi mametatis drawing siswa. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan pengumpulan data melalui tes kemampuan komunikasi matematis writing siswa dan tes kemampuan komunikasi matematis drawing siswa. Data dianalisis secara deskriptif dan statistik, yang mana secara deskriptif data ditampilkan berdasarkan rata-rata dan standar deviasi, sedangkan untuk uji statistik digunakan uji proporsi satu populasi dan uji proporsi dua populasi. Hasil penelitian diperoleh hasil bahwa pada tingkat signifikansi 5%, dapat disimpulkan bahwa (1) model GIL berbantuan Cabri 3D efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis writing siswa dan kemampuan komunikasi matematis drawing siswa; dan (2) model GIL berbantuan Cabri 3D lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional pada kemampuan komunikasi matematis writing siswa dan kemampuan komunikasi matematis drawing siswa.

Downloads

Published

2024-02-07

Issue

Section

Articles