Systematic Literature Review: Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Canva Berorientasi pada Model Preprospec Berbantuan TIK untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis

Authors

  • Afni Alfina Fitriana Universitas Negeri Semarang
  • Nuriana Rachmani Dewi Universitas Negeri Semarang
  • Stevanus Budi Waluya Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Media Canva, Model Prepospec, Kemampuan Koneksi Matematis.

Abstract

Adanya artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan pentingnya penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi canva untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis dengan bantuan model pembelajaran preprospec berbantuan TIK. Penelitian dilaksanakan dengan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan 3 tahapan yang digunakan yaitu planning, conducting dan reporting. Peneliti mencari, mengkaji, dan menggabungkan beberapa penelitian yang sesuai dengan topik. Peneliti mengidentifikasi 283 artikel yang diperoleh dari Google Scholar melalui Publish or Perish. Penelitian menggunakan 14 artikel yang terdiri dari 6 artikel penelitian tentang media canva dalam pembelajaran matematika, 6 artikel penelitian tentang koneksi matematika, 2 artikel penelitian tentang prespospec untuk koneksi matematika. Hasil penelitian yaitu media pembelajaran berbasis canva dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa. Model pembelajaran yang mendukung untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis yaitu model pembelajaran prepospec berbantuan TIK.

Downloads

Published

2024-02-10

Issue

Section

Articles