Systematic Literature Review : Kemampuan Komunikasi Matematis berdasarkan Gaya Belajar

Authors

  • Widaswara Agustin Hanisyah Universitas Negeri Semarang
  • Nuriana Rachmani Dewi Universitas Negeri Semarang
  • St. Budi Waluya Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Kemampuan Komunikasi Matematis, Gaya Belajar, Systematic Literature Review .

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis siswa merupakan salah satu kemampuan yang wajib dimiliki siswa dalam menghadapi abad 21. Kemampuan ini akan membantu mereka dalam menghadapi permasalahan yang kompleks. Untuk meningkatkan kemampuan ini siswa perlu dilatih salah satunya melalui pembelajaran di sekolah. Dengan gaya belajar siswa yang beragam, penting untuk terlebih dahulu mengenali karakteristik gaya belajar siswa agar tercipta pembelajaran di kelas yang mampu mendukung peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP berdasarkan gaya belajar yang berbeda-beda. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Artikel yang digunakan pada penelitian ini berupa artikel jurnal yang diperoleh dari google schoolar dalam kurun waktu 2018-2023. Hasil dari analisis data yang telah dilakukan bahwa jika ditinjau dari berbagai pembagian gaya belajar siswa yang berbeda-beda maka kemampuan komunikasi matematis siswa akan tinggi ketika gaya belajar yang dimiliki siswa sesuai dengan pembelajaran yang dilaksanakan di kelas. Adanya variasi model pembelajaran yang digunakan guru di kelas akan membantu meningkatkan hasil kemampuan komunikasi matematis siswa.

Downloads

Published

2024-02-10

Issue

Section

Articles