Systematic Literature Review: Penerapan Model Logan Avenue Problem Solving-Heuristik (LAPS-Heuristik) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Authors

  • Khikmatul Laili Desiyani Universitas Negeri Semarang
  • Amidi Amidi Universitas Negeri Semarang
  • St. Budi Waluya Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Kemampuan pemecahan masalah, LAPS-Heuristik, Pembelajaran Matematika.

Abstract

Kemampuan untuk menguasai permasalahan adalah suatu kompetensi dasar yang penting untuk dikuasai oleh siswa dalam proses pembelajaran matematika. Akan tetapi, tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa masih rendah, dan salah satu penyebabnya adalah penerapan model pembelajaran yang kurang tepat. Oleh karena itu, salah satu alternatif solusi yang ditawarkan adalah menerapkan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penerapan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving-Heuristik (LAPS-Heuristik) terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah Systematic Literature Review dengan menggunakan artikel yang diperoleh menggunakan database Google Scholar. Kriteria inklusi yang diterapkan dalam penelitian yaitu artikel dengan subjek penelitian siswa SMP-SMA dan terpublikasi pada rentang tahun 2018-2023. Hasil temuan diperoleh bahwa penerapan model Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristik berdampak positif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Dimana siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan model Logan Avenue Problem Solving-Heuristik (LAPS-Heuristik) mengalami peningkatan dalam kemampuan pemecahan masalah matematis.

Downloads

Published

2024-02-10

Issue

Section

Articles