Kajian Teori: Pengembangan Modul Ajar Pemodelan Matematika Bernuansa Etnomatematika Terintegrasi Challenge Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis

Authors

  • Rosyidatul Aminah Universitas Negeri Semarang
  • Amidi Amidi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Modul Ajar, Pemodelan Matematika, Etnomatematika, Challenge Based Learning, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif matematis mendorong individu untuk menghasilkan ide bermutu untuk menyelesaikan permasalahan matematika maupun kehidupan sehari-hari yang bersifat kompleks. Namun pada kenyataannya, kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di Indonesia masih belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam mengenai pemodelan matematika bernuansa etnomatematika terintegrasi challenge based learning yang dikembangkan dalam modul ajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode Systematic Literatur Review. Pembelajaran menggunakan strategi pemodelan matematika dengan konteks budaya dapat mendorong partisipasi aktif siswa dan membantu siswa dalam memahami permasalahan dan menyelesaikan masalah tersebut secara sistematis. Integrasi model challenge based learning juga membantu siswa untuk fokus dengan tantangan yang diberikan. Studi ini menunjukkan bahwa modul ajar pemodelan matematika bernuansa etnomatematika dengan model pembelajaran challenge based learning menjadi salah satu solusi inovatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Diperlukan penelitian lanjutan mengenai bagaimana pengembangan dan uji efektivitas modul ajar pemodelan matematika bernuansa etnomatematika dengan model challenge based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.

Downloads

Published

2024-02-10

Issue

Section

Articles