Profil Curiosity Matematis dan Gaya Kognitif Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Matematika ditinjau Berdasarkan Level Kemampuan Akademik dan Perbedaan Gender

Authors

  • Rezi Ariawan Pendidikan Matematika, FMIPA Universitas Negeri Semarang
  • St. Budi Waluyo Universitas Negeri Semarang
  • Wardono Wardono Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Curiosity Matematis, Gaya Kognitif, Level Kemampuan Akademik, Perbedaan Gender

Abstract

Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk menampilkan gambaran curiosity matematis dan gaya konginif mahasiswa dalam pembelajaran kalkulus integral yang ditinjau berdasarkan level kemampuan akademik dan perbedaan gender. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Matematika dengan subjek sebanyak 45 orang. Instrumen penelitian yang digunakan yakni kuesioner curiosity matematis dan tes GEFT. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa curiosity matematis mahasiswa secara keseluruhan termasuk dalam kriteria kuat dengan persentase sebesar 70,44%. Curiosity matematis mahasiswa untuk level rendah, sedang, dan tinggi termasuk dalam kriteria kuat dengan persentase masing-masing sebesar 70.83%, 72,18%, dan 66,35%, namun dalam hal ini Curiosity matematis level sedang yang lebih tinggi dari Curiosity matematis level rendah dan tinggi. Curiosity matematis laki – laki dan perempuan termasuk dalam kriteria kuat dengan persentase 69,14% dan 70,73%, artinya Curiosity matematis perempuan lebih tinggi dari Curiosity matematis laki – laki. Selanjutnya secara keseluruhan, subjek dengan gaya kognitif Field Independent sebanyak 22,22% dan Field Dependent sebesar 77,78%, artinya subjek lebih banyak termasuk ke dalam gaya kognitif Field Dependent. Curiosity subjek dengan gaya kognitif Field Independent dan Field Dependent termasuk ke dalam kriteria kuat dengan persentase sebesar 73,19% dan 69,66%, artinya Curiosity subjek dengan gaya kognitif Field Independent lebih tinggi dari curiosity subjek dengan gaya kognitif field dependent.

Downloads

Published

2024-02-10

Issue

Section

Articles