Proses Koneksi Matematika Siswa Sekolah Dasar dalam Memecahkan Masalah Realistik pada Aktivitas Math Trail

Authors

  • Arif Rahman Hakim Universitas Negeri Semarang
  • Wardono Wardono Universitas Negeri Semarang
  • Adi Nur Cahyono Universitas Negeri Semarang

Keywords:

koneksi matematika, masalah matematika realistic, math trail.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi proses koneksi matematika dalam menyelesaikan masalah dunia nyata pada aktifitas math trail oleh siswa sekolah dasar dengan kemampuan matematika tinggi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan tes koneksi matematika yang didesain pada aktifitas math trail dan wawancara terstruktur. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang memiliki kemampuan matematika tinggi. Data dianalisis dengan urutan reduksi data, presentasi data, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kelompok siswa laki-laki dan perempuan sama-sama memperlihatkan indikator kemampuan koneksi matematika. Kelompok siswa perempuan cenderung lebih lama dalam memahami masalah, namun mendapatkan pemahaman yang lebih mendetail. Pengkoneksian matematika yang dilakukan kedua kelompok masih terbatas pada materi-materi yang sederhana meskipun masalah seharusnya dapat diselesaikan dengan lebih tepat jika siswa mampu mengkoneksikan materi yang lebih tinggi.

Downloads

Published

2024-02-10

Issue

Section

Articles