Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Model Pembelajaran Preprospec berbantuan Aplikasi Game Android: Systematic Literature Review (SLR)

Authors

  • Nur Maulana Ikhsan Universitas Negeri Semarang
  • Nuriana Rachmani Dewi Universitas Negeri Semarang
  • St. Budi Waluya Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Kemampuan Representasi Matematis Siswa, Pembelajaran Preprospec, Aplikasi Game Android

Abstract

Pendidikan matematika merupakan salah satu hal yang penting bagi manusia untuk menghadapi tantangan perkembangan zaman. Untuk dapat mengatasi tantangan tersebut, siswa diharapkan memiliki kemampuan matematis yang baik, salah satunya yaitu kemampuan representasi matematis. Model pembelajaran konvensional yang diterapkan guru di sekolah masih cenderung kurang efektif untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Solusi alernatif untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis yaitu dengan menggunakan model pembelajaran preprospec yang memiliki 5 tahapan yaitu prepare, problem solving, presentation, evaluation dan conclusion yang pada beberapa tahapannya berbantuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). TIK yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan aplikasi game android untuk menunjang pembelajaran yang lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, mengkaji, serta membuat kesimpulan dari literatur yang relevan dengan kemampuan representasi matematis siswa pada model pembelajaran preprospec berbantuan aplikasi game andriod. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Systematic Literature Review (SLR) berupa literatur terhadap artikel jurnal yang terindeks Sinta atau Google Scholar dengan tahun publikasi maksimal 5 tahun terakhir (tahun 2019-2023). Berdasarkan hasil analisis literatur data penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran preprospec berbantuan aplikasi game android dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa.

Downloads

Published

2024-02-10

Issue

Section

Articles