Studi Literatur: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE)

Authors

  • Novanda Annisa Riyanto Universitas Negeri Semarang
  • Amidi Amidi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Model Pembelajaran CORE

Abstract

Matematika merupakan salah satu bidang studi yang terdapat pada seluruh jenjang pendidikan, mulai dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Salah satu aspek yang penting dimiliki oleh siswa adalah kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya temuan bahwa keterampilan siswa dalam memecahkan masalah masih dikategorikan rendah. Kondisi tersebut disebabkan karena penerapan pembelajaran yang masih menggunakan pembelajaran konvensional sehingga tidak mampu untuk melatih kemampuan pemecahan masalah siswa. Oleh karena itu, diperlukan suatu inovasi melalui model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE). Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kajian bagaimana kemampuan pemecahan masalah pada model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE). Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan atau metode kepustakaan (library reserch) dimana peneliti mengumpulkan data pustaka, membaca, mencatat, dan mengolah bahan penelitian. Teknik analisis data dengan cara menelaah, mengekspolarsi, membandingkan, menggabungkan, berbagai informasi yang didapat baik melalui jurnal nasional maupun internasional yang dianggap sesuai atau relevan dengan penelitian serta kajian yang kemudian hari akan dianalisis untuk disajikan dalam hasil dan pembahasan sehingga dapat dibuat sebuah kesimpulan. Hasil dari studi literatur ini ini menunjukkan bahwa pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) layak digunakan oleh guru dan dapat diimplementasikan dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis sehingga menimbulkan keterampilan dan efektifitas dalam pembelajaran matematika. Penelitian lebih lanjut perlu untuk dilakukan dalam mengetahui bagaimana model pembelajaran CORE mampu untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Author Biography

Novanda Annisa Riyanto, Universitas Negeri Semarang

<br data-mce-bogus="1">

Downloads

Published

2024-02-10

Issue

Section

Articles