Desain Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) pada Materi Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linier untuk Meningkatkan Kecakapan Pemecahan Masalah Matematis

Authors

  • Nurul Izatul Azizah Program Studi Magister Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Riau
  • Yenita Roza Program Studi Magister Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Riau
  • Kartini Kartini Program Studi Magister Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Riau

Keywords:

Bahan Ajar Elektronik, Kecakapan Pemecahan Masalah Matematis, Pendekatan Contextual Teaching and Learning, Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linier

Abstract

Kurikulum merdeka memuat lima kecakapan yang dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika, salah satunya kecakapan pemecahan masalah matematis. Kecakapan pemecahan masalah termuat dalam salah satu tujuan mata pelajaran matematika yaitu kecakapan pemecahan masalah matematis berguna agar siswa memiliki kemampuan memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematis, menyelesaikan model atau menafsirkan solusi yang diperoleh. Fakta yang ada menunjukkan kecakapan pemecahan masalah matematis tergolong rendah berdasarkan penelitian terdahulu dan hasil studi pendahuluan yang peneliti lakukan. Salah satu faktor yang mempengaruhi kecakapan pemecahan masalah matematis adalah bahan ajar yang digunakan. Pengembangan bahan ajar merupakan salah satu langkah yang dapat dilakukan guna memfasilitasi kecakapan pemecahan masalah matematis siswa. Bahan ajar yang dapat meningkatkan kecakapan pemecahan masalah matematis adalah bahan ajar dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning karena siswa terbiasa bekerja sama menemukan persoalan, merancang rencana, dan mencari pemecahan masalah. Bahan ajar yang dikembangkan berupa bahan ajar elektronik yang mengkombinasikan teks, gambar dan video pembelajaran yang membantu siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menampilkan desain bahan ajar elektronik berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning pada materi sistem persamaan dan pertidaksamaan linier fase E untuk meningkatkan kecakapan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini menghasilkan desain bahan ajar dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning.

Downloads

Published

2024-02-10

Issue

Section

Articles