Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Authors

  • Isna Riska Amalia Universitas Negeri Semarang
  • Nuriana Rachmani Dewi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kritis, Problem Based Learning

Abstract

Matematika merupakan bidang ilmu dasar yang wajib dikauasi oleh peserta didik sebagai jalan untuk menjelajah ranah keilmuan lainnya. Dibutuhkan kemampuan berpikir kritis dalam memperlajari matematika. Banyak sekolah yang masih menggunakan model konvensional sebagai model pembelajran utama dalam pembelajaran. Namun, model konvensional ini masih belum optimal untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Penerapan Problem Based Learning (PBL) merupakan alfternatif solusi untuk permasalahan tersebut. PBL merupakan model pembelajaran yang berbasis pada permasalahan konstektual sehingga efektif dalam meingkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan model PBL yang diterapkan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta diidk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur. Data yang diperoleh yaitu data sekunder dalam bentuk buku, jurnal, artikel ilmiah dan sebagainya yang berkaitan dengan permasalahan penelitian. Data yang diperoleh diproses melalui reduksi data, kemudian dideskripsikan secara ilmiah sehingga diperoleh suatu kesimpulan penelitian. Berdasarkan hasil analisi artikel yang sudah dilakukan, dapat disimpulan bahwa penggunaan PBL dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Downloads

Published

2024-02-10

Issue

Section

Articles