Studi Literatur: STEM Learning Berbasis Augmented Reality Guna Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Authors

  • Shella Salisna Rahmayani Universitas Negeri Semarang
  • Dinda Nur Fitriani Universitas Negeri Semarang
  • Al Mujiati Universitas Negeri Semarang
  • Bambang Eko Susilo Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Kompetensi 4C; Kemampuan Berpikir Kritis; STEM Learning; Augmented Reality.

Abstract

Pendidikan saat ini dihadapkan pada kecakapan abad 21 melalui kompetensi 4C yang harus dimiliki oleh siswa. Dalam kompetensi 4C salah satu kemampuan yang diperlukan adalah critical thinking atau kemampuan berpikir kritis. STEM Learning (Science, Technology, Engineering and Mathematics) menjadi fokus utama dalam menghadapi tuntutan kecakapan abad 21 yang semakin kompleks. Penerapan Augmented Reality menjadi salah satu teknologi inovatif dalam dunia pendidikan yang sesuai dengan perkembangan era revolusi teknologi 4.0 saat ini. STEM Learning berbasis Augmented Reality dapat merangsang pemikiran kritis siswa melalui penerapan konsep dan pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perkembangan kemampuan berpikir kritis siswa melalui STEM Learning berbasis Augmented Reality. Penelitian ini menggunakan studi literatur dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif menggunakan berbagai sumber tertulis seperti artikel, jurnal dan dokumen-dokumen yang relevan. Hasil studi menunjukkan bahwa penerapan STEM berbasis Augmented Reality dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa yang sesuai dengan tuntutan kompetensi 4C yang diperlukan pada kecakapan abad 21. Dengan demikian, STEM Learning berbasis Augmented Reality dapat dijadikan sebagai salah satu upaya efektif dalam membantu mengembangkan kemampuan kompetensi 4C salah satunya kemampuan berpikir kritis siswa.

Downloads

Published

2024-02-10

Issue

Section

Articles