Integrasi STEAM dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Wella Pasca Emilidha Universitas Negeri Semarang
  • Wardono Wardono Universitas Negeri Semarang
  • Budi Waluya Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kritis, STEAM, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Kompetensi masa depan yang harus dimiliki siswa salah satunya adalah kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis matematis merupakan salah satu kemampuan yang penting untuk ditingkatkan sebagai upaya menunjang perkembangan ilmu pengetahuan di era globalisasi. Kurangnya kemampuan berpikir kritis matematis ini disebabkan karena pembelajaran matematika pada umumnya belum terfokus pada pengembangan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Pembelajaran dengan mengintegrasikan STEAM (Sciences, Technology, Engineering, Art, dan Mathematics) memungkinkan siswa untuk memahami dan menerapkan konsep-konsep matematika dalam konteks nyata, dengan menggabungkan elemen sains, teknologi, teknik, dan seni. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pendekatan STEAM menyajikan pembelajaran yang lebih holistik, kreatif, dan terintegrasi, memungkinkan siswa untuk melihat keterkaitan antara berbagai bidang ilmu pengetahuan dan menerapkannya dalam pemecahan masalah dunia nyata sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir krits pada siswa sekolah dasar. Hal ini diharapkan dapat mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan di era globalisasi yang semakin kompleks dan terus berkembang. Metode penelitian yang digunakan adalah tinjauan literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan mengintegrasikan STEAM dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di sekolah dasar. Hasil ini menunjukkan bahwa integrasi STEAM dalam pembelajaran matematika dapat memberikan kontribusi penting dalam pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa di tingkat sekolah dasar, mempersiapkan siswa dalam menghadapi masalah yang kompleks.

Downloads

Published

2024-02-10

Issue

Section

Articles