Kajian Teori: Peran Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis STEAM Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa

Authors

  • Tsaltsa Tamami Rahma Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kreatif, Project Based Learning, STEAM

Abstract

Seiring dengan perkembangan serta perubahan jaman, terjadi perubahan perilaku manusia. Sistem pendidikan di dunia khususnya di Indonesia turut serta mengalami perubahan perkembangan. Pendidikan menjadi salah satu hal yang harus dipenuhi serta diharuskan mampu merancang pembelajaran dengan baik pada setiap sistem pendidikan agar dapat mewujudkan tujuan bangsa. Oleh karena itu, perlu dilakukan peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Model pembelajaran project based learning berbasis STEAM ini mengintegrasikan pendeketan STEAM dengan model based learning. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji peran model pembelajaran project based learning berbasis STEAM terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan teknik analisis data yang terdiri dari tiga tahapan antara lain organize, synthesize, dan identify. Hasil dari penelitian ini adalah peran model pembelajaran project based learning berbasis STEAM dapat memberikan pengaruh dalam pembelajaran, khususnya dalam hal meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Siswa akan menjadi lebih bersemangat ketika melaksanakan pembelajaran. Oleh karena itu, tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.

Downloads

Published

2024-02-10

Issue

Section

Articles