Geogebra Classroom sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial dan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Blended Learning

Authors

  • Fullu Azka Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Geogebra Classroom, Blended Learning, visual spasial, berpikir kritis

Abstract

Kompetensi profesional adalah salah satu kompetensi yang harus dimiliki guru sesuai dengan Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen pada pasal 10. Dalam era Digital abad 21 guru dituntut untuk mengembangkan kompetensi profesionalnya secara berkesinambungan, salah satunya dengan mengikuti program pengembangan profesional yang diselenggarakan oleh pemerintah. Dalam pelaksanaan program pengembangan profesional tersebut tidak jarang pelaksanaanya bersamaan dengan jadwal KBM di kelas , hal itu dapat berdampak bagi kegiatan pembelajaran tanpa kehadiran guru dalam kelas. Oleh karena itu agar tujuan pembelajaran tetap tercapai maka guru harus mendesain kegiatan pembelajaran interaktif yang dapat diaplikasikan secara online ataupun Blended Learning. Hasil penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa GeoGebra Classroom adalah Platform Virtual yang dapat digunakan guru untuk mengoptimalkan pembelajaran matematika secara online maupun Blended Learning dan pemanfaatan GeoGebra sebagai media pembelajaran berpengaruh positif terhadap peningkatan kecerdasan visual spasial dan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika berbasis masalah. Penulisan artikel ini mengkaji tentang pemanfaatan GeoGebra Classroom sebagai media pembelajaran matematika berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan visual spasial dan berpikir krtitis siswa dalam Blended Learning.

Downloads

Published

2024-02-10

Issue

Section

Articles