Kajian Teori: Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Guna Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Authors

  • Naila Tsabitah Nuha Universitas Negeri Semarang
  • Salsabila Amalia Putri Universitas Negeri Semarang
  • Pinka Laviola Azzunkha Universitas Negeri Semarang
  • Bambang Eko Susilo Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah, Pendekatan Pembelajaran, Pembelajaran Kontekstual .

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan suatu kemampuan atau potensi yang dimiliki siswa sehingga siswa dapat menyelesaikan permasalahan dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan pemecahan masalah matematis penting untuk dimiliki oleh siswa. Kemampuan tersebut diperlukan siswa baik dalam proses pemahaman matematika ataupun dalam kehidupan sehari-hari. Pada kenyataannya, tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran matematika. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis yaitu pendekatan kontekstual. Dengan pendekatan ini siswa dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Hal tersebut dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini menggunakan studi literatur dengan mengumpulkan beberapa sumber berupa artikel, jurnal, dan dokumen lain yang relevan. Hasil studi menunjukkan bahwa dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis.

Downloads

Published

2024-02-10

Issue

Section

Articles